Weekend di Cirebon

Weekend di Cirebon. Ngapain Aja Sih?

Weekend kemarin tanggal 5-6 Mei saya habiskan untuk main ke Cirebon. Walaupun udah sering kesini (hampir tiap tahun), tapi selalu aja ada kerinduan untuk kulineran di kota pelabuhan ini. Selain kuliner, kadang saya juga suka nyobain nginep di hotel-hotel di Cirebon.

Hotel tempat saya menginap kemarin adalah hotel yang lokasinya sangat strategis berada di pusat kota dan hebatnya ini hotel bersatu sama mall. Coba deh tebak nama hotelnya. Kalo yang kamu pikirkan adalah hotel Grage, maka kamu enggak salah. Hotel Grage ini masih satu grup dengan Grage Mall, makanya hotel dan mall berada dalam satu kawasan, asyik kan? Ini adalah pertamakalinya saya menginap di hotel Grage, sebelumnya cuma memandang dari jauh #hiks. Kalo dari lokasi, hotel Grage boleh unggul. Tapi kalo dari segi fasilitas? Menurut saya kamarnya nyaman, cuma kamar mandinya berpenerangan remang-remang yang bikin saya agak parno, wehehe. Yang paling saya suka itu menu breakfast di hotel Grage sangat bervariasi. Mulai dari makanan tradisional sampe makanan barat ada dan semuanya enak-enak. Selain itu kolam renang di hotel Grage berukuran lumayan besar, jadi enggak akan penuh sesak kaya cendol.



Ke Cirebon tanpa mencicipi kulinernya rasanya ada yang kurang. Kuliner yang saya makan di Cirebon kemarin adalah kuliner-kuliner khas yang favorit dan sering banget dicari wisatawan dari luar kota Cirebon. Untuk menemukan kuliner khas kota Cirebon sangat gampang, banyak banget di pinggiran jalan kelas kaki lima sampe yang kelas restoran juga ada. Karena baru nyampe pas jam makan siang, wajib untuk mampir ke rumah makan empal gentong Haji Apud yang berada di daerah Plered. Yang khas dan favorit disini tentu empal gentong nya dan sate kambing muda.

Empal gentong ini sejenis soto dengan kuah kuning yang berisi daging dan jeroan. Kita bisa pilih mau daging aja, jeroan aja, atau campur. Biasanya saya pesen yang campur. Biasanya ditambah acar biar seger, ditambah lagi cabai bubuk biar pedes, dan ditambah kerupuk kulit biar makin nikmat. Di rumah makan Haji Apud ini empal gentongnya sesuai dengan ekspektasi saya, rasanya pas dan isinya pun banyak. Pokoknya lezat dunia akhirat! Kebiasaan saya kalo makan empal gentong pasti nambah nasi 1 atau 1/2 porsi karena satu porsi nasi aja mana cukup untuk mengimbangi kelezatan si empal gentong.

Duet maut

Untuk sate kambing muda, kita bisa pilih yang polos (tanpa lemak) atau yang biasa (dengan lemak). Tapi menurut saya sih enak yang biasa, karena lemaknya itu yang bikin sate jadi lebih gurih dan juicy. Daging kambing mudanya gak usah diragukan lagi, empuk dan juicy. Kombinasi empal gentong dan sate kambing muda emang cocok banget.

Di hari kedua, saya ngidam satu kuliner khas Cirebon yang gampang banget ditemuin di pinggir jalan dengan lapak kaki lima nya. Apakah itu? Apalagi kalo bukan nasi jamblang. Kuliner ini berupa nasi dengan alas daun jati, kemudian ditambahkan lauk-pauk sesuai selera. Lauknya banyak banget sampe bingung kalo makan. Ada macem-macem semur (daging, telur, tahu, limpa, hati), gorengan (ikan, udang, tempe, tahu, telur, paru), perkedel kentang, sate (telur puyuh, udang, kerang, kulit ayam), ikan asin jambal daaan masih banyak lagi! Yang khas adalah sambelnya yang merah merona dan berminyak, rasanya pedas agak manis. Setelah galau milih lauk, akhirnya saya memutuskan untuk makan dengan lauk semur limpa favorit saya dan 2 tusuk sate kulit ayam. Lagi-lagi 1 porsi nasi enggak cukup buat saya yang nafsu makannya besar. Harga 1 porsi tergantung dari jenis dan jumlah lauk yang kita makan juga jumlah nasi yang ditambah.

Sikat!

Bagi sebagian orang, mungkin lebih suka makan nasi jamblang di suatu kedai yang mereka punya nama ibu "ini" atau bapak "itu" karena ketenaran dan ke-viral-an mereka. Tapi saya pribadi lebih suka nasi jamblang yang ada di kaki lima di depan Grage Mall, apapun itu nama lapaknya. Kenapa? Simple aja sebenernya, saya enggak usah capek-capek ngantri, kalo lapak yang satu penuh bisa pindah ke lapak sebelah dan karena kedai bapak-ibu tadi udah punya nama, maka harganya pun mengikuti ketenaran mereka. Ngerti kan maksudnya? Soal rasa sih ya tergantung selera, tapi saya lebih klop sama yang kaki lima #teamkakilima.

Nah itulah cerita singkat saya tentang weekend saya di Cirebon. Sebenernya masih banyak lagi kuliner Cirebon yang khas dan enak-enak tapi berhubung waktu enggak banyak jadi ya cuma makan segitu aja. Semoga terinspirasi dan bisa jadi referensi saat liburan ke Cirebon.

Komentar